11+ Tips Sederhana Cara Perawatan Mobil Lebih Awet Dan Tahan Lama

Diposting pada

allyoucanshared.com, Halo sobat setia, kembali lagi bersama admin yang akan memberikan informasi mengenai tips merawat mobil. Langsung saja simak artikel berikut ini yang akan membahas tentang 11+ Tips Sederhana Cara Perawatan Mobil Lebih Awet Dan Tahan Lama.

Bagi sebagian orang yang belum mengetahui cara merawat mobil tentu akan kesulitan jika harus melakukannya sendiri. Secara umum, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, mulai dari gaya berkendara hingga perawatan. Hal ini dilakukan. Segera Ikuti

Sayangnya, sebagian orang tidak mengetahui bahwa semua jenis mobil, baik matic maupun manual, memerlukan perawatan yang baik, meskipun masih tergolong baru dan dapat bergaransi. Jika tidak, besar kemungkinan mobil baru akan mengalami kerusakan hingga mesin dimatikan.

Anda tidak ingin bermasalah dengan kondisi mesin mobil Anda? Jika demikian, mari kita lihat apa yang harus dipertimbangkan saat menyervis mobil.

Mobil membutuhkan perawatan agar awet dan nyaman. Apa saja tips perawatan mobil agar awet dan nyaman saat dikendarai? Mobil yang biasa dipakai tentu butuh perawatan khusus. Anda tidak ingin mobil Anda tiba-tiba mogok di jalan, bukan?

Read : Mengenal Teknologi Mobil Listrik Di Indonesia Yang Semakin Berkembang

Setiap kendaraan, baik otomatis atau manual, memerlukan servis. Mobil – Mobil Solo Tuning atau perawatan rutin harus dilakukan agar selalu prima dan dalam kondisi kerja yang baik.

Untuk informasi laebih jelasnya, akan kami bahas didalam artikel dibawah ini bagaimana Cara Perawatan Mobil supaya Lebih Awet dan Tahan Lamai yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber, simak artikel selengkapnya dibawah ini.

Tips Sederhana Cara Perawatan Mobil Lebih Awet Dan Tahan Lama

11+ Tips Sederhana Cara Perawatan Mobil Lebih Awet Tahan Lama, Langsung Dicoba

1. Rutin Memanaskan Mobil

Setiap mesin mobil dilengkapi dengan pelumas, yang berguna sebagai pelapis saat bagian-bagian mesin saling bergesekan. Untuk mengirimkan pelumas tersebut secara merata, sehingga mesin wajib dipanaskan terlebih dahulu sebelum dapat digunakan.

Memanaskan mobil juga harus disesuaikan dengan pemakaian. Jika Anda tidak sering menggunakannya, akan memakan waktu lama untuk pemanasan. Sampai suhu mesin hangat atau jarum indikator di dashboard menunjukkan bahwa mesin dalam keadaan hangat. Jika kendaraan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, pemanasan mobil bisa dilakukan dengan cepat.

Pemanasan kendaraan berkaitan erat dengan umur kendaraan. Dengan rutinnya memanaskan mesin mobil, mesin da[at terhindar dari beban yang mendadak dan pada akhirnya bisa memperpanjang umur mobil. Saat mobil sedang melakukan pemanasan, Anda bisa mengecek kondisi ban dan aksesoris lainnya, seperti lampu dan kopling.

2. Memeriksa Rem dan Kopling

Sangat disarankan untuk memeriksa kendaraan secara berkala saat berkendara sudah menempuh jarak 10.000 dan 50.000 km. Carilah sisa-sisa kopling yang aus, karena perpindahannya akan sulit. Kemudian secara berkala periksa kondisi rem serta minyak rem yang perlu diganti setiap menempuh jarak 20.000 km.

3. Memeriksa Oli Secara Rutin

Secara umum, manual merekomendasikan untuk memeriksa oli setiap 10.000 mil atau setiap 6 bulan. Namun, bagi pengemudi yang terjebak kemacetan setiap hari, sebaiknya ganti oli setiap 5.000 km. Juga, jika mesin mobil kasar dan warna oli berubah menjadi hitam dan berair, itu tandanya oli telah diganti.

Read : Harga Mobil Baru Mulai Dari 100 Juta

4. Periksa Kondisi Aki

Tips perawatan mobil selanjutnya adalah memastikan bahwa air dalam aki berada pada ketinggian yang benar, di antara garis penandaan. Atau ukur tegangan baterai dengan voltmeter.

5. Ganti Air Radiator Secara Berkala

Mengganti air radiator atau air pendingin, untuk melakukakn pergantian air radiator harus dilakukan sengan benar dan tidak sembarangan harus diperhatikan saat melakukan servis mobil. Ini juga termasuk cara untuk meningkatkan kinerja mobil.

6. Periksa Perkabelan dan Lampu Secara Berkala

Periksa kondisi kabel dan lampu secara berkala untuk kenyamanan dan kemudahan penggunaan saat Anda jauh dari rumah. Apakah ada benang lepas yang putus dan lampu mulai redup? Jika Anda menemukan kerusakan dan perlu diganti, gunakan suku cadang pengganti yang direkomendasikan oleh pabrikan.

7. Periksa Kondisi Ban dan Tekanan Angin

Meski cara ini sederhana namun banyak juga diantara pemakai kendaraan yang jarang memperhatikan hal ini, kondisi tekanan ban sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Setidaknya sebulan sekali dan terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Perhatikkan juga kondisi band yang digunakan, jadi jika Anda melihat sesuatu yang aneh atau rusak, segera ganti.

8. Menggunakan Bahan Bakar Yang Memiliki Oktan Tinggi

beberapa tips merawat mobil anda untuk performa mesin terbaik apakah menggunakan bahan bakar oktan tinggi atau sesuai rekomendasi pabrikan. Menggunakan bahan bakar yang terkontaminasi dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Cobalah untuk mengisi bahan bakar di lokasi resmi.

Read : Harga Motor Matic Baru 150cc-160cc Oktober 2021

9. Rutin Mencuci Mobil

Cuci mobil minimal seminggu sekali untuk menjaga bodywork tetap mengkilap dan bebas dari noda. Jika Anda tidak sering mencuci, akan lebih sulit untuk dibersihkan, terutama jika putih memiliki noda yang sangat terlihat. Saat mencuci, gunakan sabun cuci mobil khusus Prix Honda Brio Solo dan gunakan kain yang lembut agar tidak merusak cat. Gunakan juga penutup mobil saat parkir untuk menghindari kelembapan dan panas.

10 Rutin Membersihkan Kaca Mobil

Bersihkan kaca secara teratur dengan pembersih kaca khusus dan periksa kualitas pemurni air. Untuk menghindari goresan pada kaca, pastikan jendela karet sering kali bebas dari kotoran dan debu.

11. Rutin Membersihan Bagian Dalam Mobil

Rutin membersihkan bagian dalam atau interior mobil diantaranya seperti jok mobil, dasboard mobil, dan bagian dalam mobil lainnya. Hal itu merupakan upaya yang diunakan untuk mencegah perubahan warna yang cepat.

Jok mobil dapat berubah warna melalui keringat atau benda lengket lainnya yang menempel pada jok mobil. Dan jangan lupa untuk membersihkan juga kabin dan karpet guna mencegah terjadinya tumbuhnya jamur.

Terima Kasih

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai artikel yang membahas tentang 11+ Tips Sederhana Cara Perawatan Mobil Lebih Awet Dan Tahan Lama, Langsung Dicoba. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung, simak informasi terbaru berikutnya hanya di allyoucanshared.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *