Apa Arti Dari Kurs Jual dan Kurs Beli? Begini Penjelasannya

Allyoucanshared.com, RD – Apa Arti Dari Kurs Jual dan Kurs Beli? Jika kalian pernah menukar Mata Uang asing dengan Mata Uang Rupiah, ataupun sebaliknya, dibank atau kantor tukar mata uang, kalian mungkin pernah mendengar istilah Kurs Beli dan Kurs Jual.

Kalaupun kalian belum tahu banyak tentang kedua istilah ini, setidaknya kalian pasti pernah menjumpai artikel, atau juga pernah mendengar tentang Kusr Beli dan Kurs Jual.

Bacaan Lainnya

Kalian mungkin berpikir hanya ada satu nilai tukar, contohny :

  • USD = 13.342 IDR

Pengumuman nilai tukar banyak kita dengar di media internet atau yang lainnya. Jelas, arti nilai tukar tidak selalu sama. Ada tiga nilai tukar yang umum, yaitu :

  • Kurs Jual
  • Kurs Beli
  • Kurs Rata-Rata

Jika kalian menjadi penasaran dengan penjelasan lengkapnya, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Nilai tukar berkaitan erat dengan penukaran mata uang asing di bank atau kantor tukar. Untuk memudahkan pemahaman, harga jual dan beli selalu ditafsirkan dari sudut pandang bank atau kantor tukar.

Istilah nilai tukar berasal dari bahasa asing. Menurut Paul R Di Krugman dan Maurice, nilai tukar adalah harga mata uang nasional yang diukur atau didenominasi dalam mata uang lain.

Sedangkan menurut Salvatore, nilai tukar adalah harga suatu mata uang relatif terhadap mata uang lainnya.

Contohnya seperti ini :

  • Kurs Beli adalah kurs yang digunakan pada saat bank / money changer ingin membeli mata uang asing dari kita atau jika kita ingin menukar mata uang asing ke rupiah. Atau dapat dipahami sebagai nilai tukar yang diterapkan oleh bank saat membeli mata uang asing.
  • Jika kalian ingin menjual mata uang asing (valas/mata uang asing) di bank/kantor penukaran mata uang asing atau kalian ingin menukarkan rupiah ke mata uang asing, gunakan kurs penjualan (rupiah ke mata uang asing).
  • atau kurs jual dapat diartikan sebagai bank/kurs mata uang/harga jual mata uang.

Baca Juga :

5 Manfaat Telur Rebus Untuk Kesehatan Tubuh
Pengertian Virtual Office dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Ilustrasi Kurs Beli dan Kurs Jual

Nah sobat allyoucan, dibawah ini kalian bisa melihat penjelasan mengenai ilustrasi perhitungan kurs beli dan kurs jual.

Ilustrasi Perhitungan Kurs Beli

Jika kalian sudah selesai menikmati waktu liburan di negara manapun itu, kalian pun tentu nantinya wajib pulang kembali ke tanah air dan kerumah kalian.

Dalam hal ini, mata uang berupa euro yg ditukarnya dulu ternyata menyisakan €200. Mata uang tadi masih bernilai tetapi tentu nir bisa dipakai pada pada negeri.

Agar bisa dipakai pulang, kalian wajib menukar uang berupa euro tadi sebagai rupiah pulang melalui money changer. Berdasarkan masalah tadi maka perhitungan pertukaran uang wajib didasarkan dalam nilai kurs beli yg berlaku ketika itu.

Apabila kurs beli euro mengalami sedikit perubahan maka perhitungan yg dipakai jua akan menyesuaikan nilai berdasarkan perubahan tadi.

Misalkan saja perubahan berdasarkan nilai kurs beli ketika itu merupakan 1 EUR = 14.450 IDR maka perhitungannya sebagai €200 x 14.450 IDR.

Sehingga nominal uang rupiah yg diperoleh berdasarkan hal tadi merupakan sebanyak dua juta 890 ribu rupiah.

Baca Juga :

Nano Teknologi : Manfaat, Keuntungan dan Kerugiannya
Paris Hilton Metaverse, Bangun Bisnis Baru Metaverse Lewat Game Roblox

Ilustrasi Perhitungan Kurs Jual

Dalam hal ini, misalkan kalian berencana pergi berlibur ke negara B atau negara kesukaan kalian.

Dan negara yang menjadi tujuan kalian untuk liburan tersebut merupakan negara yang masih anggota Uni Eropa, jadi mata uang yang digunakan adalah euro.

Untuk memulai liburan, kalian pergi ke bank dan menukarkan rupee ke euro. Asumsikan bahwa tingkat penjualan Euro adalah 1 Euro = 14.000 Rupiah. Sementara itu, kurs pembelian saat ini adalah 1 EUR = Rp 14.500.

Dalam kasus ini, karena tujuan kalian adalah mengubah rupee menjadi Euro, hanya tingkat penjualan yang didasarkan.

Jadi, jika kalian ingin menukarkan $60 juta, perhitungannya adalah 60.000.000/14.000, jadi hasil yang kalian terima dalam euro di bursa adalah €4285,7.

Pengertian Mengenai Kurs Tengah atau Kurs Rata-Rata

Dalam hal ini, selain kurs penjualan dan kurs pembelian, ada istilah lain: kurs rata-rata. Yang dimaksud dengan nilai tukar rata-rata adalah nilai tukar, yang merupakan rata-rata dari kurs beli dan jual.

Perhitungan ini dilakukan karena seringkali ternyata kurs jual lebih tinggi dari kurs beli. Berdasarkan hal ini, trader Forex mendapatkan keuntungan dari nilai selisih kurs.

Jika nilai tukar ditemukan yang tidak termasuk tarif pajak penjualan dan tarif pajak pembelian, nilai tukar yang ditampilkan dapat ditetapkan sebagai nilai tukar rata-rata. Ini adalah nilai dari nilai tukar rata-rata yang sering muncul di surat kabar atau di Internet dan lebih umum di kalangan penduduk.

Kesimpulan

Oke sobat readers, itu saja tadi penjelasan dari kami mengenai ” Apa Arti Dari Kurs Jual dan Kurs Beli?. Penjelasan kami diatas tadi sudah kami rangkum dari berbagai macam sumber dan kami sajikan sedemikian rupa agar lebih mudah untuk kalian mengerti. Semoga bermanfaat.

Terima Kasih

Baca Juga :

Cara Beli Baby Doge Di Trust Wallet
5 Aplikasi Investasi Saham Terbaik Dan Aman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.