Apa sih Malware? Apa dampaknya?

Diposting pada
allyoucanshared -- Banyak dari masyarakat saat ini memanfaatkan teknologi untuk memudahkan mereka dalam melakukan aktifitas sehari hari. Apa sih Malware? Apa dampaknya?

Cenderung dalam pemanfaatan teknologi tersebut kita kurang peduli pada teknologi atau aplikasi yang kita gunakan. Apakah teknologi atau aplikasi yang kita gunakan sehari hari ini menguntungkan bagi kita atau berbahaya? lalu apa Malware itu sendiri? Apa dampaknya bagi kita? 
Malicious Software (Malware) merupakan sebuah perangkat lunak berbahaya yang mudah menyebar dan menginfeksi komputer. bahkan memungkinkan perangkat lunak tersebut mendapatkan informasi pribadi pengguna dan disalahgunakan oleh orang lain.
Apa sih Malware? Apa dampaknya?
Contoh website yang memiliki malware
lalu apa dampaknya bagi kita sebagai pengguna sebuah teknologi atau aplikasi jika terdampak perangkat lunak Malware? Dampak dari serangan malware bisa menyebabkan program, software, aplikasi dan data-data di komputer Anda rusak, bahkan hilang dengan sendirinya. Tentu akan menjadi masalah besar apabila Anda kehilangan file-file penting yang berhubungan dengan pekerjaan. Tak hanya itu, ia juga bisa menyebabkan sistem tidak bisa beroperasi.
Adapun Malware mempunyai jenis dan bagiannya, dan tanpa disadari sering dijumpai. Contohnya seperti virus, adware, trojan horse, worm, spyware, backdoor, BOTS, dan lain sebagainya. Jenis malware tersebut berbeda nama, cara kerja, serta tujuan dan cara penyebarannya.

Read : Virus Android

Berikut macam-macam malware yang sering kita jumpai:

1. Virus

Apa sih Malware? Apa dampaknya?
Virus adalah penyakit yang amat berbahaya karena ia mampu melumpuhkan sistem komputer dengan ganas. Biasanya, Malware tersebut bersarang di file-file yang berjalan pada EXE, VBS dan COM. Ia juga bisa menyerang dengan cara pengguna melakukan berbagi file ke antar pengguna.

2. Keylogger

Program ini memungkinkan pengguna mengetahui aktifitas keyboard. Sehingga, bisa di gunakan untuk memantau kegiatan pengguna ketika menggunakan komputernya. Karena kelebihannya tersebut, ia di kategorikan sebagai salah satu malware yang berbahaya. Sebab, ia mencatat semua input yang di ketikkan pada keyboard, termasuk username dan password, bahkan sebelum sistem komputer memprosesnya.
Apa sih Malware? Apa dampaknya?
contoh keylogger

Read : Ini dia Ciri-Ciri Smartphone yang Terinfeksi Virus dan Cara untuk Mencegahnya

3. Spyware

contoh Spyware

Spyware atau perangkat pengintai adalah Malware yang di gunakan untuk memata-matai programnya. Ia dapat melihat aktifitas, mencuri, mengumpulkan serta mengirimkan data tanpa sepengetahuan user. Hal ini tentu sangat berbahaya dan sangat merugikan pengguna terlebih jika pengguna menyimpan data-data penting, seperti PIN kartu kredit, dokumen perusahaan, atau hal hal yang sifatnya rahasia.

sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk selalu berhati hati dalam menggunakan komputer maupun mobile device. Karena tidak menutup kemungkinan aplikasi yang kita gunakan sehari-hari dapat berbahaya bagi kita dan mengantisipasinya sudah menjadi kewajiban bagi kita. Adapun cara mengantisipasi nya dengan cara menggunakan Anti-Malware atau dengan cara tidak mengunduh dan menginstall aplikasi yang mencurigakan.

semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca, Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *