Pengertian Asuransi Menurut Fungsi dan Jenisnya

Halo sobat allyoucanshared.com – Di kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pengertian Asuransi Menurut Fungsi dan Jenisnya. Langsung saja kita simak artikelnya yang akan dibahas secara lengkap di bawah ini.

Kata asuransi sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sayangnya, kata ini memiliki implikasi negatif. Apalagi jika mendengar kata agen asuransi, kemungkinan besar Anda akan menghindarinya.

Namun, ada kalanya Anda dapat menghindari menjadi tidak dapat dipahami. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan asuransi? Simak pentingnya Asuransi Menurut Fungsi dan Jenisnya.

Pengertian Asuransi Dalam Beberapa Pandangan

Asuransi adalah kesepakatan antara para pihak antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Pemegang polis perlu membayar premi/premi untuk mengganti kerugian, kerusakan atau risiko kerugian yang mungkin disebabkan oleh suatu kejadian yang tidak terduga.

Pengertian pertanggungan asuransi menurut Badan Jasa Keuangan, pertanggungan asuransi adalah suatu perjanjian antara penanggung dan tertanggung untuk menanggung risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau hilangnya keuntungan yang diharapkan yang disebabkan oleh suatu kejadian yang tidak diharapkan. (Asuransi) dapat terjadi.

Pengertian Asuransi Menurut Fungsi dan Jenisnya

Pengertian asuransi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, asuransi adalah suatu perjanjian pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, satu pihak berkewajiban membayar iuran, pihak lain adalah apabila sesuatu dilakukan, wajib memberikan kepada pemberi sumbangan secara penuh). jaminan; pihak yang diperjanjikan atau hartanya).

Asuransi tidak dapat menghilangkan risiko kejadian yang tidak terduga, tetapi asuransi berfungsi untuk mengurangi dampak kerusakan akibat kejadian yang tidak terduga.

Asuransi pada dasarnya membantu melindungi tertanggung dari kejadian tak terduga, tanggung jawab hukum, dan pembayaran kompensasi pihak ketiga kepada pemegang polis atau pemegang polis.

Baca Juga :

Pengertian Asuransi Investasi Terbaik, Berikut Jenis dan Kelebihannya
Pengertian Asuransi Property/Industrial All Risk
Macam-Macam Asuransi Tambahan Yang Dapat Digunakan

Fungsi Asuransi Yang Paling Utama

Fungsi utama asuransi adalah membantu Anda menghadapi risiko hidup yang tidak terduga. Asuransi memang tidak menjamin bahwa risiko-risiko tersebut akan hilang, namun setidaknya Anda bisa meminimalisir kerugian finansial yang diakibatkan oleh risiko-risiko yang tidak dapat ditebak.

Perlu diingat bahwa fungsi dari asuransi bukan untuk menjamin uang kita akan dikembalikan dalam jumlah banyak. Tugas utama asuransi adalah fokus pada perlindungan terhadap risiko yang tidak terduga, daripada menghasilkan uang seperti berinvestasi.

Dengan kata lain, asuransi adalah cara kita mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga. Dari risiko kecelakaan dan penyakit hingga risiko kehilangan pencari nafkah utama keluarga. Semua risiko ini ditanggung oleh asuransi.

Jenis – Jenis Asuransi Yang Tersedia

Ada banyak jenis asuransi. Risiko yang ditanggung oleh masing-masing asuransi juga berbeda. Namun, pada dasarnya, berikut adalah beberapa jenis asuransi yang paling umum digunakan yaitu :

  • Asuransi kesehatan.
    Mengingat risiko penyakit dan meningkatnya biaya pengobatan yang dapat menimpa semua orang, tak heran jika jenis asuransi ini sangat populer.
  • Asuransi jiwa.
    Hal ini biasanya digunakan untuk melindungi risiko kematian bagi pencari nafkah utama keluarga.
  • Asuransi pendidikan.
    Menghemat biaya kuliah menjadi semakin sulit. Jadi tidak ada salahnya memulai menabung untuk asuransi pendidikan anak Anda.
  • Asuransi rumah.
    Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting. Bukan hanya kita, tetapi produk yang kita miliki pun bisa terancam. Inilah sebabnya mengapa asuransi rumah menjamin kerusakan sukarela pada rumah Anda, seperti kebakaran atau perampokan.
  • Asuransi mobil.
    Seperti halnya rumah, kendaraan juga rentan terhadap kerusakan tak terduga seperti kecelakaan dan pencurian.
  • Asuransi kecelakaan.
    Selain kendaraan, Anda juga perlu melindungi diri dari risiko finansial akibat kecelakaan. Jika sepeda Anda perlu diperbaiki, Anda mungkin harus membayar risiko yang mungkin terjadi.
  • Asuransi kesehatan.
    Meski hidup sesehat mungkin, tetap ada risiko terkena penyakit serius. Dari stroke hingga kanker hingga penyakit jantung, semua penyakit serius ini tidak dapat diprediksi. Karena kebutuhan akan asuransi, biaya untuk membayar tagihan rumah sakit tidaklah sedikit.
  • Asuransi perjalanan.
    Jenis asuransi ini biasanya dijual dengan tiket kendaraan yang Anda beli. Baik dengan kereta api, kapal laut atau pesawat, kami memiliki semua asuransi perjalanan untuk melindungi Anda dari keterlambatan dan kerusakan bagasi Anda.

Baca Juga :
Baca Novel Terjerat Cinta Mahasiswa Abadi Bab 20 Full Episode Romantis
Japanese Video Bokeh Museum Full Download Video Mp4 No Sensor
List Broker Yang Terdaftar di Bappebti Forex Trading Tahun 2021 Yang Wajib Diketahui

Jenis asuransi yang Anda pilih tergantung pada individunya. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis asuransi yang lebih dibutuhkan, seperti kendaraan atau pendidikan, Tidak semua orang sudah memiliki anak atau mobil. Namun setiap orang tentu berisiko terkena penyakit.

Terima Kasih

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai artikel yang membahas tentang Pengertian Asuransi Menurut Fungsi dan Jenisnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di allyoucanshared.com.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.